Click here for Myspace Layouts

Rabu, 28 Maret 2012


Serangga dengan Organ Tubuh yang Luar Biasa

                                                                                                                                                                                      

       Ada jutaan serangga di seluruh dunia, bahkan tak sedikit yang belum diberi nama. Serangga-serangga tersebut memiliki organ tubuh masing-masing yang digunakan mereka untuk melindungi diri dari para pemangsa, untuk melestarikan populasinya atau segala sesuatu yang menunjang hidupnya. Semua itu bukanlah kebetulan seperti yang ada pada teori evolusi, melainkan ciptaan luar biasa dari Allah SWT, Tuhan semesta alam. Berikut ini beberapa serangga dengan organ tubuh yang luar biasa :      

1. Kumbang Pembom (Bombardier Beetle)



       Ada yang sudah pernah mendengar atau bahkan melihat kumbang pembom? Mungkin kalian sudah pernah melihatnya walaupun hanya di layar televisi. Serangga ini memiliki senjata gip yang sangat canggih pada tubuhnya dengan panjang kurang lebih 2 cm. Jika terancam oleh musuh, serangga ini akan menghasilkan larutan bening yang panas mendidih. Melalui lubang di belakang tubuhnya, dia menyemprot zat kimia ini ke arah musuhnya. Pasti kalian bingung, bukannya zat kimia itu panas mendidih? Tapi mengapa kumbang pembom tidak terluka? Tenang saja, bagian tubuh penghasil zat kimia ini dilapisi bahan tahan panas.  Zat kimia ini berasal dari reaksi kimia rumit di tubuhnya. Jika satu saja bagian dari kumbang pembom hilang atau rusak, maka sistem tersebut tidak akan bekerja dan kumbang pembom akan musnah.


2. Kumbang Kura-Kura



       Serangga ini memiliki ukuran yang sangat kecil, bahkan lebih kecil daripada si kumbang mungil ladybird. Pertahanan diri serangga kecil ini bergantung pada kaki dan tempurungnya. Jika ada musuh yang mendekat dan mengancamnya, dia akan menarik kaki dan antenanya masuk ke dalam tempurung dan menempel erat di permukaan tempat serangga itu berdiri. Bagian tempurungnya dirancang dengan memiliki tempat untuk menyimpan kaki dan antenanya, sehingga mustahil untuk dibolak-balikkan. Semut sebagai mangsa kumbang kura-kura, hanya dalam waktu kurang dari 1 menit sudah menyerah. 


3. Kunang-Kunang  



       Kalian pastinya sudah sangat mengenal kunang-kunang bukan? Ya, biasanya terlihat di malam hari dengan cahaya khasnya. Tahukah kalian berasal dari manakah cahaya itu? Cahaya itu berasal dari lapisan paling bawah kunang-kunang yang selnya menghasilkan zat mudah terbakar, lalu bereaksi dengan oksigen di bawah kendali enzim . Cahaya tersebut sangat penting  untuk kelestarian kunang-kunang, agar mereka dapat membedakan jenis kelamin masing-masing. Cahaya pada kunang-kunang lebih terang daripada cahaya bola lampu buatan manusia. Jika bola lampu buatan manusia hanya dapat mengubah 5% energi yang diterima sebagai cahaya dan 95% sisanya dilepaskan sebagai panas, sedangkan pada kunang-kunang 98% energi yang diterima sebagai cahaya dan 2% sisanya dilepaskan sebagai panas.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar